Jangan katakan 5 hal ini pada rekan kerja!

Jika memiliki rekan kerja yang bisa menjadi teman baik, Anda adalah orang yang beruntung. Bagaimana pun, hubungan pertemanan dengan rekan kerja masih memiliki batasan profesional yang harus Anda patuhi. Ada kalanya Anda tak boleh melangkah terlalu jauh atau terlalu dekat dari batasan privasi yang dimiliki rekan kerja.

Sebaiknya hindari mengatakan beberapa hal berikut ini pada rekan kerja, seperti dilansir oleh Brazen Careerist (22/05).

1. Kapan kalian akan punya anak?/ Kapan kalian menikah?
Berhati-hatilah dengan pertanyaan Anda, jangan menggali terlalu jauh pada kehidupan rekan kerja. Ada hal-hal yang terlalu pribadi dan tak ingin dibagi oleh rekan kerja ke sembarang orang. Meski Anda memiliki hubungan baik dengannya, hindari pertanyaan yang berkemungkinan menyinggung privasinya seperti ini.

2. Aku pernah mengalami hal yang lebih buruk
Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja, maka curhat adalah hal yang wajar dilakukan. Jika rekan kerja berbagi kisahnya dengan Anda, sebaiknya dengarkan saja. Jangan mencoba untuk sok tahu jika Anda tak memiliki solusi atau saran yang baik. terlebih lagi, jangan mencoba meremehkan dengan mengatakan "masalahmu itu belum seberapa, aku pernah mengalami yang lebih buruk." Rekan kerja Anda hanya membutuhkan orang untuk mendengarkan cerita mereka, jangan mencoba menggampangkan apa yang mereka alami hanya karena Anda pernah mengalami yang lebih buruk.

3. Mulai bergosip
Bergosip terkadang tak bisa dihindari jika Anda mulai dekat dengan rekan kerja, serta ada bahan gosip yang lumayan hangat di kantor. Namun ingat bahwa menggosip bisa berakibat fatal, terutama jika Anda bergosip untuk menjelek-jelekkan orang lain atau mengritik mereka.

4. Terlalu banyak mengeluh
Meski Anda berhubungan baik dengan rekan kerja, tak berarti Anda bebas mengungkapkan apa yang Anda rasakan. Anda harus tetap menjaga profesionalisme Anda sebagai karyawan. Jangan terlalu banyak mengeluh, misalkan Anda merasa bosan dengan pekerjaan, merasa pekerjaan yang Anda dapatkan terlalu banyak, penghasilan kurang, dan lainnya. Anda bisa mengungkap semuanya pada keluarga atau pasangan, tapi tidak pada teman kerja.

5. Meremehkan rekan kerja
Seperti apapun kalimat yang Anda gunakan, rekan kerja Anda akan merasa ketika Anda meremehkan mereka. Jika Anda seringkali bersikap bossy, sok pintar, sok berkuasa di hadapan rekan kerja, maka Anda akan kehilangan simpati dan rasa hormat dari mereka. Apalagi jika kenyataannya Anda tak lebih baik daripada mereka.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya tak Anda katakan pada rekan kerja. Berteman dengan rekan kerja memiliki batasan profesional, sehingga Anda harus berhati-hati ketika mulai menyinggung hal-hal pribadi.

Jangan Cuma Dilihat Dong, Di Komen Juga Ya!!!

Posting Komentar

0 Komentar