Jangan Ngaku Clasher Kalau Belum Tau Strategi Ini!

Siapa sih yang gak kenal game Clash of Clans? Game besutan Supercell ini punya segudang fitur seru, salah satunya fitur war. Saat war, tak sedikit clasher yang menyerang musuh dengan berbagai komposisi troops sesuai kreativitas mereka. Penasaran apa aja strategi yang dipake? Cekidot!

Giant + Healer

Recommended Target : TH 6
Difficulty : ☆


Kenapa gue taruh di poin pertama? Karena gue melihat pengguna strategi ini udah mulai berkurang. Alasannya pun gue juga gak terlalu tau. Sekarang, banyak TH 6 yang menggunakan strategi balon di saat war. Padahal bisa dibilang strategi ini mudah dipake, lho.

Tutorial:

Army :
10 giant
3-4 healer
5 wallbreaker
Sisanya archer
Clan Castle Army :
Bebas asalkan level tinggi
Spell :
2 heal

Strategy :
1. Tarik isi CC musuh pake archer atau giant. Kalo udah keluar semua, bunuh tanpa ampun.
2. Next, deploy giant dari satu atau dua sisi yang berbeda, terus deploy healer di belakangnya. Kenapa gak harus dari satu sisi? Giant yang bergerombol, kalo ada spring trap pasti bakal banyak giant yang kena. Itu sebabnya dibikin attack dari dua arah.
3. Seandainya healer lo diserang Air Defense, pake heal spell lo untuk healer. Biar gak mubazir, sekalian pake heal spell untuk giant lo juga. Jadi di saat yang bersamaan kedua troop lo akan terkena efek dari satu heal spell.
4. Keluarkan isi CC lo untuk backup giant. Pengaruh isi CC untuk war itu penting lho.
5. Bersihkan bangunan sekitar pake archer.

Simple kan


Balloon Attack

Recommended Target : TH 6
Difficulty : ☆

Sebelum pada salah paham, Balloon Attack yang gue maksud adalah strategi attack dengan pake balon sebagai troop utamanya. Untuk TH 6, strategi ini cukup banyak peminatnya. Bahkan di clan gue, hampir semua TH 6 pake strategi ini. Gak pake ribet deh pokoknya!

Tutorial:

Army :
22 balon
2 giant
30 archer
Clan Castle Army :
Balon (usahakan level 6)
Spell :
2 heal

Strategy :
1. Tarik isi CC musuh pake giant. Kalo udah keluar semua, bunuh tanpa ampun.
2. Karena masih sisa 1 giant, deploy dulu giant, baru lah lo deploy balon. Gini, kalo lo deploy giant duluan, otomatis tower musuh akan attack giant. Nah, di saat giant lo menerima serangan, balon yang healthnya lebih rendah dari giant akan maju untuk attack tower musuh. Oiya, jangan deploy balon dari satu arah aja karena akan memakan banyak waktu. Usahakan deploy balon di deket semua tower kecuali mortar dan canon. Dua bangunan itu gak bisa attack air troop
3. Keluarkan isi CC dari sisi yang paling deket dengan Air Defense musuh.
4. Kalo banyak balon yang mati, taruh heal spell untuk balon level 6nya.
5. Deploy archer untuk bersih-bersih bangunan kayak biasanya.

Gimana? Tertarik nyoba?


All Dragons

Recommended Target : TH 7
Difficulty : ☆☆


Buat lo yang udah TH 7, pasti tau strategi ini dong. All Dragons sangat banyak peminatnya di TH 7. Alasannya karena metode ini mudah digunakan dan bisa dipastikan 90% TH 7 musuh hancur. Tapi, semua yang diciptakan di dunia pasti tidak lepas dari kekurangan. Tak terkecuali strategi ini. Buat lo yang gak suka nunggu, mungkin akan sedikit males saat ingin pake strategi ini karena bikin satu naga bisa dibilang cukup lama. Tapi walaupun lama, hasilnya memuaskan kok. Kekurangan yang lainnya adalah biayanya yang mahal. Gak sedikit pengguna strategi ini yang mengeluh karena biaya yang gak sedikit. Tapi percaya deh, semua akan terbayarkan ketika lo berhasil ngeratain TH musuh di saat war

Untuk TH 8, emang masih ada yang pake metode ini. Tapi menurut gue, strategi ini udah gak terlalu efektif di TH ini. Ada tambahan Air Defense dan tentunya itu bikin kita berpikir 2x di saat mau attack. Terus gimana dong? Gue sih menyarankan pake strategi GoWiPe untuk TH 8. Penasaran kayak apa? Cek di poin selanjutnya

Tutorial:

Army :
10 dragon
Barbarian King
Clan Castle Army :
Dragon/Balon level 6
Spell :
3 rage/2 rage 1 heal/3 lightning

Strategy :
Dari 3 tipe spell di atas, yang paling gampang adalah tipe 3 lightning. Jadi tipe itulah yang akan gue bahas.

1. Hancurin satu Air Defense musuh yang paling tinggi levelnya pake 3 lightning spell sekaligus.
2. Deploy naga dari arah yang paling dekat dengan Air Defense kedua.
3. Kalo isi CC musuh keluar, biarin aja, naga lo gak kalah kuat kok.
4. Keluarkan isi CC untuk backup naga lo.
5. Kalo masih belum cukup, keluarkan Barbarian King lo.
6. Rata!

Lo TH 7? Cobain deh!


GoWiPe

Recommended Target : TH 8
Difficulty : ☆☆☆


Ini dia salah satu strategi yang kerap digunakan clasher di TH 8, TH 9, maupun TH 10. GoWiPe sendiri adalah kependekan dari Golem, Wizard, dan Pekka. Golem di sini digunakan sebagai tanker. Troop ini adalah troop dengan health tertinggi setelah lavahound, jadi ya wajar aja kalo berpotensi tanker. Di saat golem berusaha menerima serangan, pekka akan dideploy untuk nge-backup golem. Terus wizard ngapain? Dia juga bertugas untuk nge-backup troop lainnya. Tugas lainnya adalah bersih-bersih building yang ada di luar base.

Gue sering liat banyak yang pake metode ini. Tapi, gue merasa strategi ini kurang efektif untuk ngeratain TH 9 atau TH 10. Bisa sih, tapi lebih efektif untuk nyari 2 stars. Sebaliknya, di TH 8, GoWiPe bisa dibilang sangat efektif untuk ngeratain musuh. Gampang gak gan? Relatif ya. Setiap orang punya pendapat yang berbeda pastinya. Kekurangan dari strategi ini adalah biasanya pekka akan berjalan mengitari base kalo deploy-nya kurang tepat. So, butuh banyak latian dan pengalaman.

Tutorial:

Army :
2 Pekka
2 Golem
8 Wallbreaker
2 Giant
16 Wizard
Barbarian King
Clan Castle Army :
Hog (usahakan level 5)
Spell :
1 rage 2 heal

Strategy :
1. Deploy 2 golem dari dua arah yang berbeda.
2. Deploy beberapa wizard untuk backup golem dan bersih-bersih area sekitar. Kalo gak dibersihin, ada kemungkinan pekka akan berjalan mengitari base.
3. Hancurin wall yang diinginkan pake wallbreaker. Tujuan bawa 8 wallbreaker itu supaya seandainya mati sebelum meledak, lo masih punya cadangannya.
4. Deploy BK dan kedua pekka untuk ikut attack.
5. Kalo isi CC musuh mulai attack, pake rage spell untuk wizard lo. Naga yang lumayan tebel pasti tetep akan mati kalo diserang wizard. Apalagi ditambah efek rage spell.
6. Deploy hog dari arah yang berbeda. Tujuannya agar gak memakan waktu. Biasanya pengguna strategi ini gagal ngeratain karena masalah waktu.
7. 2 spell sisanya digunakan tergantung kebutuhan.

Keliatan rumit ya? Kalo bisa, asyik lho

Tambahan
Tutorial for TH 9:


Army:
2golem lvl2
3pekka lvl3
13wiz lvl6
7wb lvl5
cc isi wizard max
2rage lvl5
2heal lvl4
1poison

Strategy:
seperti biasanya, pekka cuma buat backup wizard aja. yg 2 buat kedalem difollow sama cc wizard max+all golem, yg 1 buat diluar keliling" di follow sama wizard+hero. timing wb juga berperan vital, jgn ampe dah kena mortar/wiz tower
clash on!!!


Hog Attack

Recommended Target : TH 8
Difficulty : ☆☆☆


Siapa sih clasher yang gak kenal si penunggang babi ini? Walaupun sangat lemah dengan giant bomb, tapi pengguna strategi ini banyak, lho. Pemakaiannya juga gak terlalu sulit. Hanya aja, lo harus mengira di mana letak giant bomb musuh. Kelemahan hog rider emang ada di giant bomb. Double giant bomb udah pasti bikin troop ini gosong. Di lain sisi, lo gak usah repot-repot mikirin wall musuh. Setinggi-tingginya wall musuh, tetep gak akan ngaruh sama strategi ini

Tutorial:

Army:
2 Naga level 3
1 Giant level 5
5 Barbarian level 5
30 Hog Rider level 4.
Troops Clan Castle 1 naga 5 barbar/archer/wizard
3 heal spell
1 poison spell

Strategi:
1. Scout dulu base musuh, klik clan castle musuh, disitu bakal keliatan range/ batas jangkauan minimal isi cc bakal kepancing. Sekalian perkirakan letak posisi giant bomb. Klo udah selesai tinggal attack
2. Pancing isi cc sampe keluar semua pake giant, klo belum keluar semua pancing pake 1-2 hog.
3. Setelah isi cc musuh keluar semua, pancing ke pojokan sama barbarian, keluarin barbarian nya satu-satu aja, sampe troops musuh sampe di pojok.
4. Setelah musuh di pojok bantai dengan cara deploy CC kita dibantu sama seekor naga. Disini bakal ada 2 naga yg ngebantai troops musuh, bantu sama poison spell.
5. Setelah troops musuh habis, Deploy hog rider dari 2 arah, klo bisa arah deket air def biar naganya gak diserang air def.
6. Kira2 sesaat sebelum hog menuju daerah yang kita perkirakan ada giant bomb, turunkan heal spell di area tersebut, agar ketika hog kena giant bomb, langsung kena heal spell. Klo telat, paling sisa dikit health hog nya, dan keburu habis dibantai def yg lain. Makanya spell jangan telat. Disini point penting serangan hog.
7. Turunkan naga terakhir, Barbar King di arah yang berbeda untuk bersih2.

Note: klo perkiraan kita akan letak giant bomb tepat, udah pasti rata tuh base musuh. Klo gak tepat ya berdoa saja mudah2an hog nya gak kena giant bomb.



GoWiWi

Recommended Target : TH 9
Difficulty : ☆☆☆☆


Strategi yang satu ini mirip sama GoWiPe. Bedanya, di sini gak pake pekka melainkan pake witch. Bayangin aja ada puluhan skeleton attack satu tower bareng-bareng. Serem kan? Jelas. Sayangnya, agak susah makenya kalo belum terbiasa. Tapi kalo lo udah bisa enak kok. Pake metode ini juga bisa dibilang menguras dark elixir karena biayanya yang cukup mahal. Oiya, untuk attack TH 10, gue sarankan jangan attack pake cara ini kalo inferno musuh lagi dalam mode multiple. Di mode ini, inferno bisa dengan sangat mudahnya ngebantai semua skeleton maupun witch lo.

Tutorial:

Bisa cek di video di bawah ini





Valkrie Attack

Recommended Target : TH 9
Difficulty : ☆☆☆☆☆


Pernah liat orang attack pake komposisi valkrie sebagai troop utamanya? Gue pernah, itu pun cuma beberapa kali. Awalnya, gue kaget liat tuh orang attack pake cara ini. Tapi setelah gue perhatiin, cara ini keren juga loh. Ya walaupun gak rata, tapi cukup efektif untuk lo yang nyari 2 stars. Kekurangannya adalah valkrie gak bisa attack air troops. Jadi, kalo isi CC musuh itu air troops, siap-siap nangis aja deh

Tutorial:

Coming Soon!


GoLaLoon

Recommended Target : TH 9
Difficulty : ☆☆☆☆


GoLaLoon adalah kependekan dari Golem, Lavahound, dan Balloon. Ini adalah salah satu strategi favorite gue selama ini. Reviewnya gimana? Awalnya emang susah, tapi kalo lo udah sering latian pake cara ini, gue yakin pasti bisa kok. Di strategi ini, lo diharuskan untuk ngehancurin Archer Queen, isi CC, dan minimal 1 AD musuh. Setelah itu, baru deh lo deploy lavahound beserta balon di belakangnya. Selama ini, strategi GoLaLoon cukup efektif untuk ngeratain TH 9 musuh. Maka dari itu, gue sangat menyarankan lo untuk belajar cara ini.

Tutorial:

Army :
1 golem, 3 lava (wajib)
16 balon, 5 wizard (situasional)
Archer Queen
Barbarian King
Clan Castle Army :
1 golem
Spell :
2 rage, 1 jump, 1 lightning(bisa diganti heal/rage)

Warning :
Tidak disarankan kalau salah satu hero sedang diupgrade.


Strategy :
1. Cari sisi yang sekiranya kita bisa ngehancurin minimal 1 Air Defense + isi CC + Archer Queen. Tiga hal itu harus hancur dulu sebelum kita nge-deploy lava dan balon kita.
2. Deploy 2 golem dari sisi yang udah kita pilih.
3. Deploy wizard dibelakang 2 golem itu untuk ngehancurin bangunan-bangunan luar.
4. Kalo udah, pasang jump spell supaya troops bisa masuk ke dalem wall.
5. Deploy kedua hero di belakang golem supaya bisa ikutan masuk ke dalem wall.
6. Nah, berikutnya pasti isi CC bakalan ke- trigger buat keluar. Kalo mereka keluar, bunuh aja pake lightning spell. Bersyukur aja keluarnya bukan naga/balon. Tapi semenjak update, isi CC musuh sering naga dan balon. Karena lightning spell gak terlalu ngaruh buat mereka, jadi gue sarankan bawa heal/rage aja.
7. Usahain di tahap ini minimal 1 AD + isi CC + AQ udah hancur. Kalo gagal, ntar tingkat kesulitan bakalan nambah soalnya.
8. Oke, sekarang deploy lava diiringi dengan balon searah dengan jarum jam atau sebaliknya. Oiya, deploy balonnya jangan semuanya, 1 tower cukup 2-3 balon aja. Lebih gampangnya nanti ane kasih video referensi di bawah
9. Kalo udah, tinggal pake rage aja gan. Fungsi rage di sini untuk mempermudah ngehancurin Air Defense, jadi lebih baik gunakan saat balon ada di deket Air Defense.

Video:





HoGoWiWi

Recommended Target : TH 9
Difficulty : ☆☆☆☆


Selain GoLaLoon, ada satu lagi strategi yang gak kalah terkenal di TH 9. Namanya HoGoWiWi. Sesuai namanya, strategi ini akan menggunakan Hog, Golem, Wizard, dan Witch sebagai troop utamanya. Pada strategi ini, biasanya wizard dan witch akan digunakan untuk ngebunuh isi CC musuh. Kalo udah, golem akan di deploy sementara heroes lo akan ngebackup dari belakang. Terakhir, hog akan dilepas dari arah lain supaya banyak waktu yang gak terbuang. Emang sedikit membingungkan kalo gak liat sendiri. Bagi lo yang suka attack darat, bisa coba cara ini

Tutorial:

Hampir mirip kok sama GoLaLoon. Bisa cek di video ini.

Video:





PentaHound

Recommended Target : TH 9
Difficulty : ☆☆☆☆


Kalo ada yang belum tau, penta itu berarti lima. Jadi, PentaHound berarti 5 lavahound. Di strategi ini, lo akan pake 5 lavahound dan sisanya adalah balon. Susah atau gaknya sih tergantung base musuh. Kalo base musuh dibuat anti-balloon, ya pastinya akan susah. TS juga pernah nyoba strategi ini, tapi gak berlangsung lama karena kurang begitu suka. Kekurangannya adalah kalo isi CC musuh naga. Kenapa? Karena lavahound dan balon sama-sama attack defense dan mereka gak bisa attack air troop. Lava pup yang dari lavahound juga kurang kuat untuk ngebunuh satu naga. Tapi kalo isinya bukan naga, gue yakin kemenangan ada di pihak lo.

Tutorial:

Army :
4 lavahound
20 balon
Clan Castle Army :
1 lavahound
Spell :
4 rage/3 rage 1 lightning

Strategy :
Karena gue sedikit susah njelasin, gue kasih videonya langsung aja yaa.

Video:





LaLoonion

Recommended Target : TH 9
Difficulty : ☆☆☆☆


Sebelum jadi pengguna GoLaLoon, TS adalah pengguna LaLoonion. Komposisi dari strategi ini adalah Lavahound, Balloon, dan Minion. Biasanya, orang yang pake strategi ini bawa 2-3 lavahound. Tujuan lavahound di sini jelas untuk nge-tank troop yang lain. Balon digunakan untuk ngedestroy defense dan minion digunakan untuk bersih-bersih bangunan yang belum hancur. Alasan TS gak pake cara ini lagi adalah karena update sweeper yang menurut gue bikin tambah susah. Satu sweeper aja udah bikin repot, apalagi dua? Sejak saat itu, gue pun memutuskan untuk pake strategi GoLaLoon.

Army :
2 giant(Situasional. Bisa diganti balon)
2 lavahound
27 balon
10 minion
5 archer
Archer Queen
Barbarian King
Clan Castle Army :
Lavahound level 3
Spell :
3 rage 1 heal/2 rage 2 heal

Strategy :
1. Tarik isi CC musuh pake balon atau giant. Seperti biasa, kill tanpa ampun. Oiya, bunuhnya pake archer + minion yaa.
2. Deploy dua lavahound dari arah yang berbeda. Sebenernya, di sini lo boleh deploy sesuai kehendak masing-masing, yang penting jangan ngelawan Air Defense musuh.
3. Deploy balon untuk backup lavahound.
4. Keluarkan isi CC lo untuk ngebackup lavahound yang paling dekat dengan Archer Queen. Kenapa? Karena ditembak lavahound + AQ bersamaan itu sakit.
5. Next, deploy minion dari belakang lo ngeluarin balon. Tujuan minion di sini adalah bersih-bersih bangunan yang belum kesentuh.
6. Pake rage spell di saat balon lo deket dengan Air Defense.
7. Kalo dirasa gak kuat, deploy kedua heroes lo ke field.

Penasaran? Coba dulu deh!


GoHoWi

Recommended Target : TH 8 / TH 9
Difficulty : ☆☆☆


Thanks sarannya untuk agan FadhilGaming. Bisa dibilang strategi ini mirip dengan Hog Attack, hanya aja ditambahkan golem sebagai tanker. Kelebihannya apa nih? Di saat strategi lain seperti GoWiPe diharuskan ngeliat wall musuh, cara ini gak harus melakukan hal itu. Enak kan? Di sini lah enaknya kalo milih hog rider sebagai troop utama lo. Sayangnya, strategi ini butuh banyak dark elixir karena sebagian besar troopsnya berasal dari dark barrack. Tapi tenang aja, walaupun mahal, hasilnya memuaskan kok. Tertarik? Kita simak tutorialnya.


GoHo lumayan buat TH 8 yang temboknya udah item kan susah tuh di bobol pakai GoWipe

Army :
1 Golem
26 Hog
8 Archer
6 Wizard
4 WB

Clan Castle Army :
Full wizard

Spell :
3x heal

Strategy :
1. Deploy golem usahakan cari celah di base musuh yang ada 2 buah wizzard tower agak berdekatan
2. Deploy wizzard+isi cc buat nge back up golem sama buat ngancurin isi cc nya
3. Hancurin wallnya pakai WB bawa WB gak perlu banyak karena memang tujuannya supaya golem bisa masuk buat pengalih perhatian aja jadi gak perlu bawa terlalu banyak WB
4. Deploy BK juga buat nge bantu si golem nyampe ke tengah
5. Kalau CC musuh udah abis langsung ratain keluarin hog nya semua secara menyebar (pas di bagian ini perhatiin dulu defense musuh liat udah pada ngincer golenya atau belum)
6. Spell digunain buat ngancurin wizz tow sama kalau tiba tiba ada GB
7. kalau deff udah rata langsung keluarin archer buat membasmi pinggiran

dijamin kalau udah nguasain teknik ini base musuh walaupun th 8 max deff bakalan bobol juga.


BaGoWiWi

Recommended Target : TH 9
Difficulty : ☆☆☆☆


Jujur, gue lupa udah pernah liat strategi ini belum. Denger pernah sih, tapi kalo liat langsung kayaknya belum deh. Sesuai namanya, strategi ini menggunakan Balon, Golem, Witch, dan Wizard sebagai troops utamanya. Buat lo yang suka attack lewat udara + darat, bisa nyoba strategi ini.

Army :
2 golem
4 witch
6 wb
18 wizard
4 ballon
Archer Queen
Barbarian King

Clan Castle Army :
Golem

Spell :
1 heal, 2 rage, dan 1 jump
archer queen+ Barking

Strategi :
1. Pertama serang bagian yang jauh dari cc musuh, soalnya cc agak lama hancurnya. Jadi kalo CCnya ada di atas kita hajar dari bawah.
2. Keluarin golem dari 2 arah, isi cc di tengah, jadi golemnya 3 arah, liat arah serangan mortar.
3. Keluarin wb setelah amunisi mortar jatuh biar gak mati wbnya.
4. Terus keluarin wiz dibelakang semua golem
5. Keluarin archer queen di belakang golem yang di tengah.
6. Jatuhin rage spell (ungu) di bagian yg banyak troopsnya.
7. Jatuhin jump spell (hijau) di tengah2 yg ada archer queennya.
8. Pas troops udah masuk tengah, jatuhin rage spell + heal spell.
9. Keluarin ballon di archer tower daerah yang berlawanan soalnya AT jangkauannya jauh.
10. Barking keluarin buat pertolongan sama bersih2 aja.

Keluarin troopsnya harus cepet, main keroyokan
Panjang yah, tapi gampang koq kalo di praktekin

Gak pernah zonk sih selama ini, minimal bintang 2


Balloonion

Recommended Target : TH 7
Difficulty : ☆☆☆


Balloonion adalah salah satu strategi di COC yang pake balon dan minion sebagai troops utamanya. Sebenernya, dulu waktu gue masih TH 7, gue sering pake metode ini, tapi malah gak kepikiran . Sayangnya, cara ini udah lumayan susah karena ada sweeper yang cukup bikin pengguna balon kesusahan. Buat lo yang belum punya naga waktu TH 7, bisa coba strategi ini. Good luck!

Strategi yang ane tau lagi nih : Ballonion
Diffuity menurut ane : 3/5 sampai 4/5

Ini strategi yang lumayan efektif bagi clasher sekalian yang baru naik ke TH7 dan belum punya naga. 

Komposisi : 200 space : 32 (160 space) Ballon, 20 (40 space) Minion, cc naga. 3 heal spell

Dikarenakan ada 2 AD + cc dengan isi umumnnya naga yang siap bantai pasukan ballon kita, kita harus support sama minion, pertama pancing cc pake minion, kemudian aduin cc lawan dengan naga cc kita + support minion (minion jangan dihabisin). Sesudah itu baru drop ballon dari 2 arah terdekat menuju AD (dari 1 arah sih boleh cuma bakal makan waktu), usahakan deploy ballon membelakangi AS (air sweeper) kalau ngak mau di"troll" ama dia Drop heal spell sesegera mungkin jika anda melihat air bomb otw ke pasukan ballon anda, th 7 punya 2 airbomb, usahakan 2 heal spell digunakan untuk heal dari efek airbomb ini. Heal ketiga? Gunakan secara bebas, tetapi saran ane buat defend dari serangan wizard tower karena lumayan sakit :v. Nah buat apa nih sisa minion? Minion darahnnya kan ngak terlalu banyak tapi speednya tinggi, gunakan dia buat support ballon kalian ketika ballon kalian udh mulai masuk ke center base lawan. Sisakan juga 2-3 buat hancurin builder hut di pojok village.

Lumayan susah kalau belum terbiasa... tapi lumayan buat pengganti selagi menunggu unlock naga ^^
Pejwan jika berkenan


GoWitch

Recommended Target : TH 9
Difficulty : ☆☆☆☆


Thanks usulannya untuk agan riecurl. Diliat dari namanya, GoWitch berarti memakai golem dan witch sebagai troops utamanya. Wah, kebayang gak tuh, ada golem sebagai tanker dan di belakangnya ada witch untuk bersih-bersih. Biayanya mahal sih iya, tapi sebandingnya dengan hasilnya kok. Tertarik? Bisa liat tutorial di bawah ini.

NB: Ini hanya berlaku untuk TH9 dan hanya bisa digunakan untuk melawan TH9 Kebawah aja. TH10 Ga akan kuat karena witch rawan mati bila terkena inferno multi...

Army:
2 Golem
10 Witch
7 wizzard
6 WB
CC army:
Golem Max
Spell:
2 Spell Healer
2 Spell Rage
1 Spell DE Haste

Strategy:
Ambil posisi kira2 enakan nyerang dari sudut mana. Misal dari sudut kanan bawah nih gan.
Keluarkan 2 golem di sisi atas dan bawah dari sudut kanan bawah. Ini berfungsi untuk tameng wizzard agar tidak ditembakin Deff lawan. [Lihat gambar 1] Lalu taruh wizzard menyebar diantara golem tersebut. Hal ini bertujuan agar pinggir2annya hancur dlu supaya witch tidak melipir ke samping2.

gambar 1:


Setelah hancur semua taruh witch di pojok, hal ini agar witch mengeluarkan anak banyak dlu [lihat gambar 2].

gambar 2:


Lalu keluarkan WB untuk memberi jalan. Kasih spell rage biar cepet, Harus gerak cepat gan tangannya. Harus bisa liat timing. [lihat gambar 3].

gambar 3:


Terakhir keluarkan CC + BK + AQ secara bersamaan. Ketika witch udah di tengah lalu kasih spell kuning [lihat gambar 4].

gambar 4:


Setelah itu tinggal liatin aja deh, tunggu kapan kira2 spell rage + healer dan spell haste pantas dikeluarkan. Hasil nya bisa lihat gambar 5.

gambar 5:



Strategi ini cukup oke gan, 2 bintang 95% pasti ditangan. Tinggal gmn dapetin 3 bintangnya aja hoki2an...
Strategi ini selalu ane pake hingga sekarang. kekurangan dari strategi ini adalah modal DE nya harus gede

**Note: Klo main ini gerak tangan harus cepat, dan yg terpenting jgn kelamaan dan ragu untuk buang spell. Karena witch itu rawan dikarenakan hitpoinnya yg kecil... Jadi hajar aja terus pake spell di 1 menit awal serangan...



Sumber


Jangan Lupa Di Like & Share Ya!!!