Anda Akan Segera Menikah? Hindari Langsing Instan demi Pesta Pernikahan

Anda akan segera menikah dengan sang pujaan hati? Wah, tentu perasaan Anda berbunga-bunga. Demi tampil mempesona di pesta pernikahan Anda, jangan terbujuk untuk langsing secara instan.

"Biasanya yang mau menikah pada ingin langsing. Tapi jangan berlebihan menurunkan berat badan dalam waktu singkat, nanti malah pingsan," ujar dokter spesialis gizi klinis, dr Fiastuti Witjaksono SpGK (K).

Hal itu disampaikan dia dalam talkshow di acara Woman Health Expo di Hotel Grand Sahid, Jl Sudirman, Jakarta, dan ditulis pada Senin (11/3/2013).

dr Fiastuti mengingatkan agar para calon pengantin tidak tergiur cara langsing instan dengan obat-obatan yang manfaat maupun kandungannya kurang jelas. Alih-alih membuat badan langsing dengan cara yang sehat, obat pelangsing instan malah membuat tubuh kekurangan cairan.

"Mau langsing dengan cara instan itu tidak bisa. Diet itu adalah mengatur makanan, dengan makan makanan yang rendah kalori, rendah lemak, dan tidak manis. Lalu imbangilah dengan meningkatkan aktivitas fisik," terang dokter yang masih awet muda meski sudah berusia 60 tahun ini.

Dia menegaskan seseorang tidak akan bisa berkurang berat badannya dengan cara yang sehat hanya dengan mengandalkan obat-obatan semata. dr Fiastuti mengingatkan untuk tidak begitu saja percaya iklan obat pelangsing yang mengklaim bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

"Banyak obat pelangsing yang begitu dikonsumsi jadi banyak buang air kecil maupun BAB. Nah itu yang hilang dari tubuh adalah air, dan bukan lemak. Kalau kehilangan banyak air nantinya jadi dehidrasi," tutur dokter berkacamata ini.

Dijelaskan dr Friastuti, obat yang membantu untuk menurunkan berat badan yang diberikan dengan resep dokter ada yang mengandung turunan psikotropika. Namun dengan dosis tepat tidak akan membuat ketergantungan.

"Obat itu diberikan dengan resep dokter. Efeknya sangat kecil, ini tidak seperti psikotropika yang dibayangkan kebanyakan orang," imbuh dr Friastuti.

Sumber : Detik Health