Komik Manga Indonesia Raih "Silver Award" di Jepang


Kontes Manga Internasional ke-6
Kontes Manga Internasional ke-6 (sumber: Istimewa)
Para penerima penghargaan Kontes Manga Internasional diundang datang ke Jepang untuk melakukan kunjungan kehormatan ke penerbit manga.
Ajang Kontes Manga Internasional yang berlangsung secara rutin sejak tahun 2007 yang lalu, kembali memberikan penghargaan kepada para komikus manga yang berkontribusi bagi penyebaran budaya manga di seluruh dunia.

Dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Jumat (8/2), Kontes Manga Internasional tahun ini diikuti oleh 245 peserta dari 38 negara, termasuk peserta dari Indonesia. 

Puncaknya, komite penyelenggara Kontes Manga Internasional ke-6 yang diketuai oleh Menteri Luar Negeri Fumio Kishida, telah memberikan penghargaan kepada 15 karya sebagai pemenang.

Dari jumlah pemenang tersebut, diantaranya akan menerima “Gold Award”, 3 karya akan mendapatkan “Silver Award”, dan karya lainnya akan diberikan “Bronze Award”.

Hebatnya, salah satu penerima “Silver Award” adalah karya peserta dari Indonesia yang berjudul “5 menit sebelum tayang” hasil kreasi Muhammad Fathanatul Haq (artist) dan Ockto Baringbing (penulis script).

selanjutnya, para penerima penghargaan ini akan diundang datang ke Jepang atas undangan dari The Japan Foundation bersamaan dengan upacara serah terima penghargaan yang diselenggarakan pada tanggal 8 Februari 2013.

Selain itu, para pemenang Penghargaan Manga Internasional juga dijadwalkan untuk bersilaturahmi dengan Mangaka (komikus) Jepang serta melakukan kunjungan kehormatan ke penerbit Manga yang ada di negara tersebut.
Sumber