Mie Sagu Makanan Khas dari Selat Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti



Mie sagu adalah kuliner khas daerah yang berasal dari provinsi Riau dan dibuat atau di produksi di daerah Selat Panjang, Kab. Kepulauan Merant. Mie Sagu sudah terkenal dan dikonsumsi masyarakat sekitar dari zaman nenek moyang hingga sampai saat ini. Mie yang terbuat dari tepung sagu ini diambil dari pohon-pohon sagu yang tumbuh secara alami maupun dibudidayakan di daerah tersebut.
Hal yang membuat mie sagu berbeda dengan mie-mie lainnya adalah sensasi rasa yang khas, kenyal dan mudah membuat perut kenyang ketika dikonsumsi.

Ciri Khas Mie Sagu
• Ciri khas dari mie sagu .
• Tekstur kenyalnya seperti karet gelang .
• Warnanya seperti bihun hanya lebih bening .
• Ukurannya lebih besar dari bihun lain.
• Rasa dan aromanya pun lain, khas, tidak seperti mie basah ataupun bihun.

Kelebihan Mie Sagu

Yang membuat mie ini menjadi spesial di Riau dan Khususnya di Selat Panjang adalah proses pengolahannya, dimana mie ini diolah tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga sangat alami dan sehat. Proses pembuatannya pun dilakukan secara tradisional dengan resep asli yang diperoleh secara turun-temurun dari zaman nenek moyang. Sehingga mie ini terjamin keaslian mutu dan rasanya.
Walaupun mie ini diolah secara tradisional dan tidak menggunakan bahan pengawet namun mie ini tetap bisa disimpan dengan waktu yang relatif lama sebelum diolah.

Spesialnya lagi mie sagu ini adalah menjadi makanan diet bagi penderita kencing manis atau diabetes. Diet dengan menyantap makanan dari sagu terbukti mampu menurunkan gula darah penderita diabetes, karena kandungan karbohidrat dalam sagu sangat rendah sekali.
mie sagu ini sendiri bisa di sajikan dengan penyajian yang beragam. Ada yang disajikan dengan telur, udang basah ataupun udang kering (ebi), dan penyajian vegetarian. Mie sagu diolah sedemikian rupa sesuai dengan selera peminatnya. Namun, penyajian mie sagu klasik ,yang hanya ditaburkan daun sup (kucai), tetap menjadi favorit. Apalagi mie sagunya dibungkus pakai daun pisang, aromanya menjadi khas sekali.
Resep I Mie Sagu
Bahan :
1. Mie sagu
2. Bawang Merah, di iris2
3. Bawang Putih, sesuai selera
4. Kol, di iris kecil2
5. Tauge
6. Buncis, di iris
7. Wortel, d iris
8. Seledri
9. Cabe, sesuaikan dengan selera
10. Kecap Manis
11. Saus
12. Garam
13. Penyedap Rasa
14. Ketimun, di iris kecil2
15. Teri
16. Bawang Goreng
17. Kerupuk yang sudah di goreng
Cara Membuat :
1. Mie Sagu direndam dengan air, dan tiriskan.
2. Tumis bawang merah, bawang putih, seledri,cabe rawit, di aduk rata.
3. Masukkan teri, terus di aduk.
4. Masukkan kol, buncis, wortel.
5. Kemudian masukkan mie sagu lalu di aduk rata dan masukkan kecap manis, garam, saus, tauge.
6. Yang terakhir masukkan ketimun.
7. Mie sagu goreng siap disajikan, jangan lupa di sajikan dengan bawang goreng dan kerupuk.

Sumber